Responsive Ads Here

Pondok Pesantren Modern di Indonesia


Pondok Pesantren atau yang disingkat (PONPES) adalah sebuah asrama pendidikan tradisional, dimana para siswanya semua tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan Kiyai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam komplek yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar dan kegiatan keagamaan lainnya. Komplek ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan satu pengertian. Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Disamping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel. Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau. Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara non klasikal, dimana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.
Berikut ini daftar Ponpes Modern yang ada di Indonesia:
  1. Pondok Modern Darussalam Gontor
  2. Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam
  3. Pondok Pesantren Modern Nurul Hakim
  4. Pondok Pesantren Modern Darus-Sholihin
  5. Pondok Pesantren Al-Amien Sumenep 
Masih banyak lagi pesantren modern yang ada di Indonesia, jika anda berminat dengan salah satu pesantren untuk tempat belajar anak anda atau tempat belajar anda, silahkan anda search aja di google.co.id salah satu nama dari ponpes diatas.