Responsive Ads Here

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
Menurut study yang dilakukan WARS (SWA, 2005) dalam saepul anwar, 2008:33) ada lima faktor yang menyebabkan konsumen loyal pada merek yang digunakannya yaitu :

a.    Nilai merek (brand value) yaitu persepsi konsumen yang membandingkan antara biaya atau harga yang ditanggung dan manfaat yang diterimanya.
b. Karakteristik konsumen (customer characteristic) yaitu karakter konsumen dalam menggunakan merek. Kenyataannya, setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda dari individu yang lainnya.
c.    Hambatan pindah (switching barrier) yaitu hambatan-hambatan atau biaya yang harus ditanggung konsumen bila ia akan pindah dari suatu merek ke merek lain.
d.   Kepuasan kunsumen (consumer satisfaction) yaitu berkaitan dengan pengalaman konsumen ketika melakukan kontak dengan merek yang digunakannya.
e.    Linkungan yang kompetitif (competitive environment) yaitu  menyangkut sejauh mana kompetitive yang menjadi antara mereka dalam satu kategori produk.


Tabel 2.1
Faktor Loyalitas Pelanggan

Faktor
Keterangan
Nilai Merek
Pelanggan menilai merek secara relatif di banding kompetitor, dari tiga hal yakni: harga, kualitas dan citra merek
Karakteristik Pelanggan
Berhubungan dengan perilaku dan kebiasaan pelanggan dalam berhubungan dengan mereka.
Switching barrier
Hambatan yang muncul ketika pelanggan akan pindah dari satu merek ke merek yang lain, sepaerti hambatan ekonomis, psikologis, sosial, budaya.
Pengalaman pelanggan
Berhubungan dengan customer satisfaction setelah mereka merasakan kinerja yang telah diberikan.
Lingkungan yang kompetitif
Sejauh mana kompetisi yang terjadi antar merek dalam satu kategori produk.